Website Resmi Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun

Email dipertakankabmdn@gmail.com
Kontak (0351) 462953
Lokasi Jalan Dr. Soetomo 25 Madiun
  • Home
  • /
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN LEMBAGA PETANI

PENINGKATAN KEMAMPUAN LEMBAGA PETANI

diperkan.madiunkab.go.id- Petani menjadi ujung tombak Negara dalam mewujudkan Swasembada dan Kedaulatan Pangan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu gerakan/ kegiatan untuk memperkuat skill dan pengetahuan bagi petani. Gerakan/ kegiatan ini dinamakan “Sekolah Lapang” bagi petani termasuk serangkaian Kegiatan IPDMIP di Kabupaten Madiun. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun dibawah naungan Bidang Kelembagaan dan SDM dengan Seksi Metode dan Informasi. Juga selaku Leader District Project Implementation Unit (DPIU) atau Penanggungjawab Utama Unit Pelaksana Proyek Kabupaten.

Tujuan Sekolah Lapang Pertanian ini adalah untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian juga tata cara pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan lain-lain. Dalam Sekolah Lapang Pertanian ini petani belajar untuk memilih benih unggul, pengolahan tanah dengan pemberian pupuk organik secara maksimal, pemupukan kimia yang berimbang, antisipasi hama sejak dini, dan lain-lain.

Materi pembelajaran diberikan dalam ruangan terbuka dekat dengan lahan pertanian, peserta sekolah lapang pertanian diajak turun langsung ke sawah untuk mengadakan pengamatan, analisa, penyimpulan pertumbuhan padi dan OPT yang berada di lapang/sawah.

Dengan begitu petani bisa segera mengambil tindakan selanjutnya agar tanaman padi bisa tumbuh maksimal dan dapat pengendalikan hama yang menyerang. Petani belajar tani dalam rangka menyongsong petani professional “era revolusi industri 4.0”, Petani menjadi tuan di negeri sendiri.

Merdeka…Merdeka…Merdeka